APLIKASI PENGOLAHAN DATA LAPORAN KERUSAKAN KOMPUTER

ABSTRAK

Komputer dan teknologi informasi merupakan suatu yang sedemikian cepat berubah dan pesat mengalami perkembangan. Komputer kini memang sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Hampir di mana saja, bisa dipastikan kita bekerja dan memanfaatkan benda berteknologi yang satu ini. Keberadaan Komputer telah memberikan peningkatan kualitas atas beberapa langkah yang ada dalam prosedur pengolahan data. Antara lain adalah dalam hal penghimpunan data dalam suatu sistematika tertentu, yang menjamin kemudahan akses data serta penggunaannya dalam berbagai bentuk laporan yang akan dibuat.


Adanya kebutuhan informasi yang terus bertambah, dengan berbagai titik berat informasi yang berbeda-beda. Tuntutan lain adalah soal kecepatan olah data, yang menghendaki tersajinya laporan-laporan tadi dalam waktu yang cepat, karena manajemen dihadapkan pada situasi yang sangat singkat dalam proses pengambilan keputusan.

Jumlah data yang semakin besar, tak hanya membebani proses pengolahan data yang terjadi saat ini, namun juga karena data-data tersebut akan dipakai sebagai referensi-referensi kunci, dalam penarikan kesimpulan di masa yang akan datang.

Dengan melihat faktor-faktor di atas, maka wajar kiranya, jika pekerjaan pendahuluan sebuah komputerisasi ini harus ditangani oleh seorang analis dan pendisain sistem komputer yang benar-benar paham akan tugasnya. Termasuk peranan bagian divisi IT untuk mengatasi berbagai kendala yang terjadi dalam proses pengolahan data.

Oleh karena itu yang melatar belakangi penulis tertarik membuat aplikasi mengenai Data Laporan Kerusakan Komputer adalah pengolahan data yang masih bersifat manual di kantor pusat PMI. Karena data-data yang ada di bagian / divisi IT mengenai laporan kerusakan komputer di kantor pusat PMI hanya di simpan di dalam file, sehingga resiko file-file yang sudah di simpan kemungkinan bisa rusak atau hilang, dan sering mengalami keterlambatan dalam menangani komputer yang rusak. Diharapkan dengan menggunakan alat bantu seperti komputer diharapkan data laporan kerusakan komputer yang masuk akan mudah dicari, dilihat, dan diperbarui sewaktu-waktu diperlukan. Sehingga jika bagian / divisi dari Technical Support ingin mencari data-data mengenai laporan kerusakan tiap bulannya tidak memerlukan banyak waktu.

Untuk itulah penulis mencoba untuk mengangkat masalah pengolahan data di Kantor Pusat PMI yaitu tentang “Aplikasi Pengolahan Data Laporan Kerusakan Komputer“ sebagai akibat ketergantungan PMI yang cukup besar terhadap penggunaan teknologi informasi seperti komputer, sehingga menyebabkan perlu dibuat suatu sistem yang tepat untuk mengatasi berbagai kendala yang terjadi di bagian / divisi IT seperti kerusakan komputer yang sering terjadi.

KODE : INFORMATIKA-0012
KATEGORI : INFORMATIKA